tag:blogger.com,1999:blog-58568116726517451902024-03-13T21:58:54.128+07:00MANAJEMEN PENDIDIKANMENAJEMEN - PENDIDIKAN - IpTek : by Anan NurUnknownnoreply@blogger.comBlogger108125tag:blogger.com,1999:blog-5856811672651745190.post-51953229086249351752012-08-08T19:39:00.002+07:002012-08-08T19:44:40.087+07:00SCHOOL PRODUCTIVITY (Based on the Principal Leadership, School Climate, and Working Motivation of MTs Negeri Pati)
ABSTRACT
Nur Hasanan, 2012. SCHOOL PRODUCTIVITY (Based on the Principal
Leadership, School Climate, and Working Motivation of MTs Negeri Pati), the Thesis
of the postgraduate program of
Muhammadiyah university of Surakarta.
The
purpose of this research is for analyzing the contribution the principal
leadership, school climate, and working Unknownnoreply@blogger.com4tag:blogger.com,1999:blog-5856811672651745190.post-48416387963033624172012-08-08T19:33:00.002+07:002012-08-08T19:33:57.066+07:00KONTRIBUSI MEDIA PEMBELAJARAN, PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR GURU SMK NEGERI DIKABUPATEN PATI
oleh
Ratna Desy N
Abstract
The purposes of this study are to analyze the
contribution jointly the use of instructional media, education and teaching
experience toward teaching skills, the contribution of the useinstructional media to teaching
skills, the contribution of education to teaching skills and the contribution of teaching
experience toward teachers’ teaching skills ofUnknownnoreply@blogger.com1tag:blogger.com,1999:blog-5856811672651745190.post-72518642191518429702012-08-08T19:27:00.002+07:002012-08-08T19:46:03.103+07:00KEIKUTSERTAAN DALAM KEGIATAN MGMP, SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS, IN-SERVICE TRAINING, DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SMP NEGERI SUB RAYON 04 JAKENAN PATI
Abstrak
Sri
Hidayati, NIM. Q. 100090270, Master of Management Education Program, Post .
Graduate Program of Muhammadiyah University of Surakarta, 2011, 78 pages.
This research has four objectives. (1) It is to evaluate influence
of the participation in the activity of subject teacher community, supervision
of classroom visit, and in-service training simultaneously towards the Unknownnoreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5856811672651745190.post-50233369464208107532012-08-08T19:20:00.001+07:002012-08-08T19:21:26.120+07:00KONTRIBUSI PENERAPAN Sistem Manajemen Mutu ISO. 9001:2008 TERHADAP KEPUASAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN pada SMK di kabupaten PATI
Oleh
: Rahmat Sahid
ABSTRACT
The
purpose of this study was to determine the significance between the effects of
student management, teacher in-class performance and quality of school culture
on student satisfaction in learning at vocational school in the District of
Pati, either partially or simultaneously.
This
study took place at the State and private vocational school that Unknownnoreply@blogger.com1tag:blogger.com,1999:blog-5856811672651745190.post-42613149476608434102012-03-24T21:32:00.003+07:002012-03-24T21:45:28.788+07:00FILSAFAT PENDIDIKAN ESSENSIALISME
A.
PENDAHULUAN
Filsafat adalah pandangan hidup
seseorang atau sekelompok orang yang merupakan konsep dasar mcngenai kehidupan
yang dicita-citakan. Filsafat juga diartikan sebagai suatu sikap seseorang yang
sadar dan dewasa dalam memikirkan segala sesuatu secara mendalam dan ingin
melihat dari segi yang luas dan menyeluruh dengan segala hubungan.
Pendidikan adalahUnknownnoreply@blogger.com29tag:blogger.com,1999:blog-5856811672651745190.post-89480810734847680152012-02-04T12:42:00.001+07:002012-02-04T12:44:34.081+07:00Critical issues for TQM implementation hight education
Mete B. Sirvanci
-------------Review Artikel----------
PENDAHULUAN
Berbicara mengenai kualitas sumber daya manusia,
pendidikan memegang peran yang sangat penting dalam proses peningkatan kualitas
sumber daya manusia. Peningkatan kualitas pendidikan merupakan suatu proses
yang terintegrasi dengan proses peningkatan kualitas sumber daya Unknownnoreply@blogger.com7tag:blogger.com,1999:blog-5856811672651745190.post-30137870214379522102012-01-27T12:23:00.001+07:002012-01-27T12:34:03.108+07:00MENJADI GURU YANG BAIK ATAU TIDAK SAMA SEKALI
Tantangan Guru di Era
Global dan Otonomi Daerah
Memasuki
abad ke 21 kita menghadapi perubahan-perubahan besar dan amat fundamental
dilingkungan global. Perubahan lingkungan strategis pada tataran global
tersebut tercermin pada pembentukan forum-forum seperti GATT, WTO, dan APEC,
NAFTA dan AFTA, IMG-GT, IMS-GT, BIMP-EAGA, dan SOSEKMALINDO yang merupakan
usaha untuk menyongsong Unknownnoreply@blogger.com9tag:blogger.com,1999:blog-5856811672651745190.post-19453139606179409012012-01-14T22:59:00.000+07:002012-01-14T22:59:30.274+07:00EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN (Prof. Dr. Suharsimi Arikunto)<!--[if gte mso 9]>
Normal
0
false
false
false
EN-US
X-NONE
AR-SA
<![endif]--><!--[if gte mso 9]>
Unknownnoreply@blogger.com148tag:blogger.com,1999:blog-5856811672651745190.post-24768033145232303432011-12-07T20:01:00.003+07:002011-12-07T20:49:31.880+07:00THE PRODUCTIVE SCHOOL
(SEKOLAH
YANG PRODUKTIF)
A
System Analysis Approach to Educational Administration
 Unknownnoreply@blogger.com5tag:blogger.com,1999:blog-5856811672651745190.post-67571288996843530502011-11-19T22:03:00.002+07:002011-11-19T22:03:01.030+07:00METODE ETNOGRAFI (Resume)
James P. Spradley
Dalam konteks sosial dan praktik budaya yang kian beragam saat ini semakin
mengukuhkan eksistensi paradigma kualitatif diberbagai lini disepanjang
keilmuan di dunia akademik. Kemampuannya menghasilkan produk analisis yang
mendalam sejalan dengan alur dan settingnya, diakui sebagai paradigma yang
patut diperhitungkan dalam rangka melohat, mengatahui dan menghadirkan refleksi
Unknownnoreply@blogger.com14tag:blogger.com,1999:blog-5856811672651745190.post-84959512909758490252011-11-17T21:30:00.001+07:002011-11-17T21:31:33.000+07:00PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DENGAN MENERAPKAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001 : 2000
Lembaga pendidikan merupakan
suatu lembaga yang senantiasa diperlukan oleh masyarakat sepanjang masa,namun
tidak semua lembaga pendidikan diminati masyarakat, ada beberapa lembaga
pendidikan yang semakin tahun semakin menurun baik jumlah siswa maupun
kualitasnya sampai akhirnya ditutup, sebaliknya tidak sedikit lembaga
pendidikan yang semakin tahun semakin eksis dan semakin maju.
Lemabaga
Unknownnoreply@blogger.com22tag:blogger.com,1999:blog-5856811672651745190.post-46760304868150411152011-09-25T08:10:00.002+07:002011-12-22T10:08:33.566+07:00Kawasan dan bidang garapan teknologi pendidikan
I.
PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Sebelum kita mempelajari
kawasan dan bidang garapan teknologi pendidikan, sebaiknya kita mengetahui
terlebih dahulu dari teknologi pendidikan itu agar kawasan dan bidang garapan
teknologi pendidikan tergambar dengan baik
Teknologi dapat Unknownnoreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5856811672651745190.post-21676013132464689802011-08-14T08:12:00.002+07:002011-08-14T08:12:46.268+07:00Sekolah Efektif
Djam’an Satori (2000) mengemukakan sekolah efektif dalam perspektif
manajemen, merupakan proses pemanfaatan seluruh sumber daya sekolah yang
dilakukan melalui tindakan yang rasional dan sistematik (mencakup
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan tindakan, dan pengendalian)
untuk mencapai tujuan sekolah secara efektif dan efisien. Selanjutnya
jika dilihat dalam Unknownnoreply@blogger.com35tag:blogger.com,1999:blog-5856811672651745190.post-29016146888458615842011-08-14T08:03:00.000+07:002011-08-14T08:03:42.564+07:00Produktivitas Sekolah
Produktivitas merupakan rasio antara input (masukan) dan out put
(keluaran) yang diperoleh. Masukan dapat berupa biaya produksi,
peralatan dan lainnya sedang keluaran dapat berupa barang, uang atau
jasa.
Jika diterapkan pada pendidikan maka produktivitas merupakan hasil
segala upaya dari sekolah dengan menghasilkan kuantitas serta kualitas
siswa, dan pendidikan. Namun Unknownnoreply@blogger.com15tag:blogger.com,1999:blog-5856811672651745190.post-39313371481922019992011-08-12T22:21:00.010+07:002011-08-12T22:40:31.050+07:00PERILAKU ORGANISASI
Definisi :
Perilaku Organisasi adalah suatu disiplin
ilmu yang mempelajari bagaimana seharusnya perilaku tingkat individu, tingkat
kelompok, serta dampaknya terhadap kinerja (baik kinerja individual, kelompok,
maupun organisasi).
Perilaku organisasi juga dikenal sebagai Studi
tentang organisasi. Studi ini adalah sebuah bidang telaah akademik khusus
yang mempelajari organisasi, Unknownnoreply@blogger.com6tag:blogger.com,1999:blog-5856811672651745190.post-53889667573313198692011-08-10T22:14:00.000+07:002011-08-10T22:14:24.383+07:00MODEL DAN ORGANISASI KURIKULUM<!--[if gte mso 9]>
Normal
0
false
false
false
EN-US
X-NONE
AR-SA
MicrosoftInternetExplorer4
<![endif]--><!--[if gte mso 9]>
Unknownnoreply@blogger.com22tag:blogger.com,1999:blog-5856811672651745190.post-11990663226127965642011-08-10T21:44:00.000+07:002011-08-10T21:44:16.327+07:00MODEL PEMBELAJARAN IPS TERPADU BERBASIS TIK
Pendahuluan
Kegiatan pembelajaran pada dasarnya merupakan kegiatan yang menunjukkan
interaksi antara siswa dan guru. Interaksi yang dibangun dalam kegiatan
ini adalah interaksi yang bersifat dua arah dan menempatkan siswa bukan
sebagai objek belajar tetapi sebagai subjek belajar. Kedudukan siswa
sebagai subjek belajar berarti siswa merupakan individu yang aktif,
bukan yang Unknownnoreply@blogger.com1tag:blogger.com,1999:blog-5856811672651745190.post-12526636833256875892011-08-08T19:29:00.000+07:002011-08-08T19:29:33.060+07:00UJIAN SEMESTER SOSIOLOGI PENDIDIKAN<!--[if gte mso 9]>
<![endif]--><!--[if gte mso 9]>
Normal
0
false
false
false
EN-US
X-NONE
AR-SA
<![endif]--><!--[if gte mso 9]>
Unknownnoreply@blogger.com17tag:blogger.com,1999:blog-5856811672651745190.post-35492026700999119322011-08-08T19:26:00.000+07:002011-08-08T19:26:02.581+07:00Manajemen Perencanaan Pengembangan Kurikulum dan Pmbelajaran<!--[if gte mso 9]>
<![endif]--><!--[if gte mso 9]>
Normal
0
false
false
false
EN-US
X-NONE
AR-SA
<![endif]--><!--[if gte mso 9]>
Unknownnoreply@blogger.com71tag:blogger.com,1999:blog-5856811672651745190.post-44392048103973015522011-08-08T19:18:00.003+07:002011-08-08T19:21:56.238+07:00Trends and Issues to integrate ICT in Teaching Learning for the Future World of Education
Kecenderungan dan Masalah mengintegrasikan TIK dalam Belajar
Mengajar untuk Masa Depan Dunia Pendidikan
Abstrak
Pembelajaran siswa merupakan fokus belajar mengajar proses. Teori dan para
praktisi selalu membuat usaha bersama untuk memfasilitasi siswa belajar dengan meningkatkan kualitas pengalaman belajar.
Munculnya teori-teori belajar dari waktu ke waktu mencerminkan Unknownnoreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5856811672651745190.post-53500808789525348792011-06-15T18:04:00.011+07:002011-06-15T18:04:00.999+07:00Peringkat Pendidikan Indonesia Menurun
Written by Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M.Si
Berita Kompas (3/3/2011) mengenai
menurunnya peringkat pendidikan Indonesia dari peringkat 65 pada tahun
lalu menjadi 69 pada tahun ini cukup menyesakkan dada. Pasalnya,
peringkat pendidikan menjadi tolok ukur kemajuan sebuah bangsa. Karena
itu, dengan menurunnya peringkat pendidikan tersebut mudah dipahami jika
Unknownnoreply@blogger.com7tag:blogger.com,1999:blog-5856811672651745190.post-47948378330737498342011-06-14T18:22:00.001+07:002011-07-18T17:48:12.230+07:00Dilema Pendidikan Kita
Ujian Nasional siswa SMA/MA/SMK tahun 2011 sudah diumumkan beberapa
hari lalu. Hasilnya pun sudah kita ketahui bersama, yakni terjadi
peningkatan angka kelulusan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Lebih
dari 99 % siswa lulus Ujian Nasional tahun ini. Lima ratus ribu lebih
siswa yang lulus itu tanggal 31 Mei dan 1 Juni 2011 mengikuti Seleksi
Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (Unknownnoreply@blogger.com1tag:blogger.com,1999:blog-5856811672651745190.post-73735360994918214192011-06-12T00:17:00.005+07:002011-07-31T20:03:08.125+07:00KEMBALIKAN PENDIDIKAN SEBAGAI PROSES HUMANISASI (Otokritik Pendidikan)
Pendahuluan
Pendidikan diyakini sebagai kunci
pembangunan dan pengembangan sumber daya manusia. Namun, pendidikan kita mengalami
proses “dehumanisasi”. Dikatakan demikian karena pendidikan mengalami proses
kemunduran dengan terkikisnya nilai-nilai kemanusiaan yang dikandungnya. Sebagai
contoh Tawuran antar pelajar terutama Unknownnoreply@blogger.com7tag:blogger.com,1999:blog-5856811672651745190.post-41445660645314074002011-06-10T07:42:00.001+07:002011-06-10T07:50:06.207+07:00MENGGAGAS PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN UNTUK MENUJU MANUSIA BERADAB ( TERDIDIK, INSAN KAMIL )
Pendidikan
merupakan suatu yang hakiki dan mutlak harus diperoleh warga negara serta wajib
disediakan oleh negara dalam rangka menunjang proses pembangunannya, baik
berupa pembangunan fisik ataupun pembangunan sosial budaya termasuk di dalamnya
bidang pendidikan.
&Unknownnoreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5856811672651745190.post-80539660684854846062011-06-04T23:27:00.004+07:002011-06-09T21:32:16.971+07:00Biografi Durkeim dan Pandangannya tentang Pendidikan
Biografi
Durkheim dilahirkan di Épinal,
Prancis, yang terletak di Lorraine.
Ia berasal dari keluarga Yahudi
Prancis yang saleh - ayah dan kakeknya adalah Rabi.
Hidup Durkheim sendiri sama sekali sekular. Malah kebanyakan dari karyanya
dimaksudkan untuk membuktikan bahwa fenomena
keagamaan berasal dari faktor-faktor sosial dan bukan ilahi. Namun
demikian,Unknownnoreply@blogger.com0