Kecenderungan dan Masalah mengintegrasikan TIK dalam Belajar
Mengajar untuk Masa Depan Dunia Pendidikan
Mengajar untuk Masa Depan Dunia Pendidikan
Abstrak
Pembelajaran siswa merupakan fokus belajar mengajar proses. Teori dan para
praktisi selalu membuat usaha bersama untuk memfasilitasi siswa belajar dengan meningkatkan kualitas pengalaman belajar.
Munculnya teori-teori belajar dari waktu ke waktu mencerminkan kepedulian para
pendidik untuk mengeksplorasi proses, faktor dan kondisi yang terlibat dalam
proses belajar manusia. Aplikasi teori
belajar dominan selalu berubah dan memodifikasi metode mengajar belajar. Penelitian
yang dilakukan pada orang muda menunjukkan
kecenderungan yang luar biasa. Hal ini menunjukkan bahwa anak-anak mempertahankan 20% dari apa yang mereka dengar, 40% dari apa yang mereka lihat dan dengar dan 75% dari apa yang mereka lihat dan lakukan. Itu salah satu alasan utama mengapa teknologi pendidikan terbaru
telah menjadi sangat penting untuk
memberikan pendidikan. Mereka
menggabungkan beberapa penggunaan
TIK-internet, video, audio, grafik, teks, gambar,
dll untuk menawarkan siswa pengalaman hidup dekat apa
adalah belajar. Dalam makalah ini usaha telah
dilakukan untuk menganalisis situasi
saat ini dalam rangka untuk mengidentifikasi kendala dan kemungkinan dalam penggunaan ICT dalam profesi mengajar.
Kata kunci : TIK, Pendidikan,
Pengajaran, belajar mengajar.
I. PENDAHULUAN
Proses pengajaran dan pembelajaran merupakan pembentukan pengetahuan dilakukan mulai hari pertama sejarah manusia. Metode dan strategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran telah dilakukan oleh para
pendidik selama bertahun-tahun.
Globalisasi dan perubahan teknologi selama lima belas
tahun terakhir telah menciptakan ekonomi
global baru yang didukung oleh teknologi, dipicu oleh informasi dan didorong oleh
pengetahuan. Dengan munculnya
ekonomi global baru yang serius diharapkan dapat membantu mencapai tujuan lembaga
pendidikan tertentu. karena akses informasi terus tumbuh eksponensial, sekolah tidak
hanya sebagai tempat penyampaian informasi dari guru ke siswa selama periode
waktu tertentu. Sebaliknya, sekolah harus mempromosikan pengetahuan dan
keterampilan yang membuat belajar berkelanjutan seumur hidup.
Ketika digunakan secara tepat, TIK dapat membantu memperluas akses terhadap pendidikan,
memperkuat relevansi pendidikan ke dunia kerja, dan meningkatkan kualitas pendidikan. Integrasi TIK ke dalam sistem pendidikan adalah proses yang
kompleks dan beragam.
Tidak hanya cukup modal awal
mendapatkan teknologi, tetapi juga
kurikulum dan pendidiknya, kesiapan,
kelembagaan kompetensi guru, dan pembiayaan jangka panjang.
II. LATAR BELAKANG
TIK memiliki
potensi untuk meningkatkan distribusi informasi, belajar, mengajar dan
mengelola pelayanan pendidikan dan membuat mereka terjangkau dan tersedia kapanpun, dimanapun.
Jadi lembaga-lembaga pendidikan harus dapat merubah praktek pengajaran dan
sumber daya untuk menciptakan lingkungan belajar lebih efektif dan meningkatkan
keterampilan serta kebiasaan belajar pada siswa. TIK adalah alat yang dapat membantu mencapai tujuan pendidikan dan karenanya harus hadir di setiap tempat
pendidikan.
International Society for Technology
in Education, ISTE merekomendasikan
bahwa semua guru harus disiapkan dalam menguasai
TIK .
A. Komputer / Teknologi
Dasar dan Konsep Operasi
Guru harus menggunakan sistem komputer untuk
mengakses, menghasilkan dan memanipulasi data, dan untuk mempublikasikan
hasil. Mereka juga harus mengevaluasi kinerja hardware dan software komponen sistem
komputer dan menerapkan dasar strategi pemecahan masalah yang diperlukan.
B. Pribadi dan
Profesional Penggunaan Teknologi
Guru harus menerapkan alat-alat untuk meningkatkan profesional dan produktivitas.
Mereka harus menggunakan teknologi dalam berkomunikasi, berkolaborasi,
melakukan penelitian, dan memecahkan masalah.
C. Penerapan Teknologi
dalam Instruksi
Guru harus menerapkan komputer dan teknologi yang
terkait untuk mendukung dalam tingkat kelas dan bidang studi. Mereka harus merencanakan dan
memberikan unit pengajaran yang mengintegrasikan berbagai software, aplikasi, dan alat belajar.
III. TIK DAN BELAJAR MENGAJAR
TIK berdiri untuk informasi dan komunikasi teknologi dan didefinisikan
sebagai satu set beragam alat teknologi dan sumber daya yang digunakan untuk
berkomunikasi, dan menciptakan, menyebarkan, menyimpan dan mengelola informasi.
Proses belajar mengajar merupakan sarana melalui guru,
pelajar, kurikulum dan variabel lainnya terorganisasi secara sistematis untuk
mencapai tujuan dan sasaran. Struktur standar belajar
mengajar proses meliputi:
A. Guru sebagai variabel independen
Guru berperan sebagai variabel independen. Para
siswa bersifat tergantung dalam
proses pengajaran. Guru mengerjakan perencanaan, pengaturan, memimpin
dan mengendalikan tentang pengajaran untuk menyempurnakan perubahan-perubahan
perilaku di dalam para siswa.
B. Siswa sebagai variabel dependen
Siswa itu diwajibkan untuk bertindak menurut perencanaan
dan organisasi guru. Pengajaran kegiatan guru mempengaruhi
pembelajaran siswa.
C. Isi dan strategi
presentasi sebagai intervensi variabel
Variabel
intervensi menyebabkan interaksi antara guru dan siswa. Isi menentukan gaya
dari presentasi, menceritakan, mempertunjukkan dan melakukan dll.
ICT digunakan di
seluruh dunia untuk memfasilitasi proses belajar mengajar tetapi dapat sekali tidak menggantikan
sistem tradisional belajar mengajar. Dengan
kegiatan belajar-mengajar yang bervariasi dan kompleks harus diselaraskan.
Sehingga sangat penting bagi seorang guru profesional ideal dan diperbarui untuk efektif
mengintegrasikan semua unsur yang berbagai teaching learning situasi dan lebih penting ini harus dibawa ke dalam
suatu keseluruhan dimengerti.
IV. KERANGKA TEORITIS UNTUK MENGINTEGRASIKAN
ICT DI DALAM PENDIDIKAN
Pertimbangan utama dalam
pendidikan berbasis TIK adalah ditingkatkan dan kualitas pembelajaran. Ada banyak
teori yang memimpin ilmuwan dan pendidik dalam mengembangkan TIK berbasis mengajar / belajar /
pelatihan sistem. Teori saraf jaringan atau belajar di otak manusia adalah salah
satu yang paling menonjol yang dalam hal ini. Menurut teori ini, belajar adalah proses neuro-biologis dan
itu terjadi di otak. Ia bekerja melalui jaringan saraf genetik ditetapkan. Syarat jaringan
saraf harus diklarifikasi sebelum mengetahui bagaimana pembelajaran terjadi di
otak manusia dan di mana lingkup kebohongan perbaikan. Komponen manusia otak:
1. Neuron: unit
dasar otak. Otak manusia mengandung 1010 (sepuluh ribu juta) neuron, masing-masing
dari mereka adalah terhubung ke 104 orang lain.
2. Dendrit:
Bertindak sebagai saluran input melalui mana semua masukan ke neuron tiba. Setiap &
setiap saluran input ditugaskan berat. Jika berat total dari semua
input melebihi nilai ambang tertentu, maka sel itu ditembakkan dan menghasilkan output pada akson
saluran.
3. Akson:
Bertindak sebagai saluran output dari neuron. Elektrik aktif filamen yang menghasilkan sebuah
pulsa tegangan yang disebut tindakan potensi (berlangsung sekitar 1 milidetik).
4. Sinaps:
Akson berakhir dalam kontak khusus disebut sinaps.
Ketika memukul sinaps akson dengan potensial aksi,
sinaps melepaskan
zat kimia (neurotransmiter) di celah. Ini kimia berdifusi di celah dan kimia mengaktifkan
gerbang pada dendrit yang, ketika terbuka, memungkinkan ion bermuatan mengalir. Gerbang lebih
terbuka dendrit, ion-ion yang lebih akan mengalir dan belajar lebih banyak akan dicapai. Ini
berarti bahwa jika jumlah input dapat ditingkatkan, belajar akan lebih tinggi.
Kita tahu
bahwa pendidikan
berbasis TIK memberikan seorang pelajar yang lebih kesempatan
untuk mengasimilasi
konsep melalui pendengaran
dan visual memori otak manusia. Jadi dalam pendidikan berbasis ICT, jumlah
input akan
lebih tinggi dari yang tradisional. Dengan
demikian, memberikan output yang lebih baik juga.
V. TREN PENDIDIKAN MODERN DAN
PENGGUNAAN TIK
Perkembangan teknologi dalam TIK adalah sangat cepat
dan juga menjadi usang membutuhkan keterampilan baru dan pengetahuan yang harus dikuasai.
Adaptasi hanya mungkin
ketika didasarkan pada suatu pemahaman prinsip dan konsep ICT. Menghadapi perkembangan teknologi dan mengubah kemampuan kemampuan diperlukan untuk kedua
duanya para
siswa dan guru mereka. Bergeser
dari belajar tradisional ke pembelajaran berbasis ICT
sangat diperlukan.
Untuk negara-negara berkembang TIK
memiliki potensi untuk meningkatkan akses ke dan meningkatkan relevansi
dan kualitas pendidikan. Dengan demikian mewakili berpotensi menyamakan strategi untuk
mereka. TIK sangat memudahkan akuisisi dan penyerapan pengetahuan, menawarkan
negara-negara berkembang belum pernah terjadi sebelumnya kesempatan untuk
meningkatkan sistem pendidikan, meningkatkan perumusan kebijakan dan
pelaksanaan, dan memperluas berbagai peluang untuk bisnis dan miskin. Salah
satu
kesulitan terbesar yang dialami oleh masyarakat miskin, dan oleh banyak orang lain, yang tinggal di negara-negara termiskin, adalah perasaan terisolasi mereka. Baru teknologi komunikasi berjanji untuk mengurangi bahwa rasa isolasi dan untuk membuka akses ke pengetahuan dalam cara terbayangkan belum lama
kesulitan terbesar yang dialami oleh masyarakat miskin, dan oleh banyak orang lain, yang tinggal di negara-negara termiskin, adalah perasaan terisolasi mereka. Baru teknologi komunikasi berjanji untuk mengurangi bahwa rasa isolasi dan untuk membuka akses ke pengetahuan dalam cara terbayangkan belum lama
TIK adalah alat yang sangat potensial
untuk memperluas peluang pendidikan, baik formal maupun non-formal, konstituen yang sebelumnya tidak terlayani
tersebar dan pedesaan populasi, kelompok tradisional dikeluarkan dari
pendidikan karena alasan budaya atau sosial seperti etnis minoritas, anak perempuan dan perempuan,
penyandang cacat, dan lansia, serta seperti orang lain yang karena alasan biaya atau
karena waktu kendala tidak dapat mendaftarkan diri di kampus.
TIK mempromosikan belajar kapanpun,
dimanapun. Satu mendefinisikan Fitur TIK adalah kemampuan mereka untuk melampaui
waktu dan ruang. TIK membuat belajar asynchronous mungkin, atau belajar
ditandai dengan jeda waktu
antara pengiriman instruksi dan penerimaan oleh peserta didik. Online tentu
saja bahan, Misalnya, dapat diakses 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Pendidikan berbasis
ICT pengiriman (misalnya, pendidikan pemrograman disiarkan melalui radio atau televisi)
juga membagi-bagikan
dengan kebutuhan untuk semua pelajar dan instruktur untuk di satu lokasi fisik. Selain itu, beberapa
jenis TIK, seperti teknologi telekonferensi, memungkinkan instruksi yang akan diterima secara
bersamaan oleh beberapa, geografis peserta didik (yaitu, belajar sinkron).
TIK membantu dalam mengakses sumber
belajar jarak jauh. Guru dan peserta didik tidak lagi harus hanya
mengandalkan buku cetak dan bahan lainnya dalam media fisik ditempatkan di
perpustakaan (dan tersedia dalam jumlah terbatas) untuk kebutuhan pendidikan mereka. Dengan Internet dan
World Wide Web, kekayaan bahan belajar di hampir setiap subjek dan dalam
berbagai media sekarang dapat diakses dari mana saja setiap saat hari dan dengan
jumlah yang tidak terbatas orang. Hal ini terutama signifikan bagi banyak sekolah di negara
berkembang, dan bahkan beberapa di negara maju, yang telah usang dan
terbatas sumber daya perpustakaan. TIK juga memfasilitasi akses ke sumber daya orang - pakar,
peneliti, profesional, pemimpin bisnis, dan rekan-rekan - di seluruh dunia.
TIK mempersiapkan individu untuk tempat
kerja. Meningkatkan TIK para siswa belajar dan membuat mereka menyesuaikan
diri di tempat pekerjaan mereka. Salah satu alasan yang paling sering dikutip untuk
menggunakan TIK dalam kelas telah untuk lebih mempersiapkan generasi
sekarang siswa untuk tempat kerja di mana TIK, terutama komputer, Internet dan
teknologi yang terkait, menjadi lebih dan lebih mana-mana. Teknologi melek huruf,
atau kemampuan untuk menggunakan TIK secara efektif dan efisien, dengan demikian
dilihat sebagai mewakili kompetitif tepi dalam pasar kerja yang semakin
mengglobal. Melek teknologi, bagaimanapun, tidak satu-satunya keterampilan wellpaying pekerjaan di ekonomi
global baru akan membutuhkan? EnGauge Utara Daerah Pusat Laboratorium Pendidikan
(US) telah
mengidentifikasi apa yang disebut "Keterampilan Abad 21," yang termasuk keaksaraan
era digital (yang terdiri dari keaksaraan fungsional, melek visual, melek ilmiah, melek
teknologi, melek informasi, melek budaya, dan kesadaran global), inventif berpikir, berpikir tingkat tinggi
dan penalaran suara, komunikasi efektif, dan produktivitas yang tinggi.
TIK meningkatkan kualitas pendidikan.
Meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan adalah isu penting, terutama pada saat ekspansi
pendidikan. TIK dapat meningkatkan kualitas pendidikan di beberapa cara; oleh pelajar
meningkatkan motivasi dan keterlibatan, dengan memfasilitasi akuisisi keterampilan dasar,
dan meningkatkan pelatihan guru.
TIK seperti komputer video, televisi dan
multimedia software yang menggabungkan teks, suara, dan berwarna-warni, bergerak gambar dapat
digunakan untuk menyediakan menantang dan otentik konten yang akan terlibat siswa dalam
proses pembelajaran dan juga memberikan kesempatan untuk berhubungan dengan orang-orang nyata dan untuk
berpartisipasi dalam acara dunia nyata.
Transmisi keterampilan dasar dan konsep
yang merupakan dasar keterampilan berpikir orde tinggi dan kreativitas dapat difasilitasi oleh
TIK melalui drill dan praktek.
TIK juga telah digunakan untuk
meningkatkan kualitas guru pelatihan. Misalnya, lembaga-lembaga seperti Guru
Cyber Pusat
Pelatihan (CTTC) di Korea Selatan yang mengambil keuntungan Internet untuk
menyediakan profesional guru yang lebih baik kesempatan pengembangan dalam pelayanan
para guru. Para didanai pemerintah CTTC, didirikan pada tahun 1997, menawarkan
selfdirected, serba diri berbasis web kursus primer dan sekunder guru sekolah. Kursus meliputi
"Komputer di Masyarakat Informasi "," Reformasi Pendidikan ", dan"
Masa Depan Masyarakat dan Pendidikan ". Tutorial online juga ditawarkan, dengan beberapa program
yang membutuhkan sesekali tatap muka pertemuan.
TIK mengubah lingkungan belajar
menjadi pembelajar berpusat. Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan yang
tepat TIK dapat mengkatalisis perubahan paradigma di kedua isi dan pedagogi yang di jantung reformasi pendidikan di abad ke-21. Jika
dirancang dan diterapkan dengan benar, TIK yang didukung pendidikan dapat mempromosikan akuisisi
pengetahuan dan keterampilan yang akan memberdayakan siswa untuk belajar seumur hidup.
Ketika digunakan secara tepat. TIK khususnya
komputer dan Teknologi internet memungkinkan cara-cara baru pengajaran dan belajar
bukan hanya memungkinkan guru dan siswa untuk melakukan apa yang mereka lakukan
sebelumnya dengan cara yang lebih baik. Baru ini cara mengajar dan belajar yang didukung oleh
konstruktivis teori belajar dan merupakan pergeseran dari teachercentered pedagogi dalam
bentuk terburuk ditandai dengan menghafal dan belajar hafalan untuk satu yang
learnercentered.
VI. ISU DALAM PENGGUNAAN TIK DALAM
PENDIDIKAN
Efektivitas, biaya, ekuitas, dan
keberlanjutan empat terkait masalah yang harus diatasi ketika mempertimbangkan dampak keseluruhan
dari penggunaan TIK dalam pendidikan.
A. Apakah ICT
ditingkatkan belajar bekerja secara efektif ?
Efektivitas pendidikan TIK tergantung pada
bagaimana mereka digunakan dan untuk tujuan apa. Dan seperti pendidikan lainnya alat atau modus
pengiriman pendidikan, TIK tidak bekerja untuk semua orang, di mana-mana dengan cara yang
sama.
Dalam pendidikan tinggi dan pelatihan
orang dewasa, ada beberapa bukti bahwa kesempatan pendidikan sedang dibuka
untuk individu
dan kelompok yang dibatasi dari menghadiri tradisional universitas. Masing-masing
dari 11
disebut megauniversities, terbesar dan paling mapan terbuka dan jarak institusi di
dunia (yang mencakup Terbuka Universitas Inggris, Indira Gandhi National Open University
India, dan Cina TV Universitas Sistem, antara lain) memiliki pendaftaran tahunan
lebih dari 100.000, dan bersama-sama mereka melayani sekitar 2,8 juta. Bandingkan dengan 14
juta siswa gabungan dari 3.500 perguruan tinggi dan universitas di Amerika
Serikat.
Sebaliknya, penilaian dari penggunaan
komputer, Internet dan terkait teknologi untuk pembelajaran jarak jauh telah telah samar-samar.
Russel, dalam tinjauan komprehensif mengenai penelitian, mengklaim bahwa
"tidak ada perbedaan yang signifikan" antara nilai tes peserta didik
berbasis TIK mengambil jarak belajar kursus dan mereka yang menerima tatap muka
instruksi.
B. Berapa biayanya?
Sebuah kesalahan umum dalam memperkirakan
biaya tertentu Aplikasi TIK pendidikan adalah fokus terlalu banyak pada awal biaya tetap - pembelian
peralatan, konstruksi atau perkuatan fasilitas fisik, awal bahan produksi, dan sejenisnya.
Tetapi studi tentang penggunaan komputer dalam kelas, misalnya, menunjukkan
bahwa instalasi perangkat keras dan perkuatan account fasilitas fisik untuk
hanya antara 40% sampai 60% dari biaya penuh menggunakan komputer melalui
mereka seumur hidup, atau biaya total kepemilikan. Bahkan,
sementara pada Sekilas mungkin tampak bahwa pembelian awal perangkat keras dan
perangkat lunak adalah bagian termahal dari proses, sebagian besar total biaya
kepemilikan tersebar dari waktu ke waktu, dengan tahunan pemeliharaan dan biaya
dukungan (dikenal sebagai variabel atau berulang biaya) merupakan antara 30%
sampai 50% dari total biaya hardware dan software. Biaya pengembangan
profesional, lain biaya variabel, juga menumpuk dari waktu ke waktu.
C. Apakah ada pemerataan
akses terhadap TIK dalam pendidikan?
Pengenalan TIK dalam pendidikan, bila
dilakukan tanpa musyawarah berhati-hati, dapat mengakibatkan marjinalisasi lebih lanjut dari mereka yang
sudah terlayani dan / atau kurang beruntung. Misalnya, perempuan kurang memiliki akses
terhadap TIK dan lebih sedikit kesempatan untuk pelatihan yang terkait dengan TIK
dibandingkan dengan laki-laki karena buta huruf dan kurangnya pendidikan,
kurangnya waktu, kurangnya mobilitas, dan kemiskinan. Anak laki-laki. lebih mungkin dibandingkan anak
perempuan untuk memiliki akses ke komputer di sekolah dan di rumah. Tidak mengejutkan, anak
laki-laki cenderung menikmati bekerja dengan komputer lebih dibandingkan anak
perempuan. Seperti American
Association of University. Laporan Perempuan, "Perempuan memiliki
menyempit beberapa jender yang signifikan kesenjangan, tetapi teknologi sekarang
klub anak-anak 'baru' di kami bangsa masyarakat sekolah. Sementara anak
laki-laki program dan masalah memecahkan dengan komputer, anak perempuan
menggunakan komputer untuk kata pengolahan ".
D. Apakah TIK-proyek
pendidikan berkelanjutan ditingkatkan?
Salah satu aspek dari program-program
pembangunan yang sering diabaikan adalah keberlanjutan. Sejarah
perkembangan yang panjang bantuan telah menunjukkan bahwa terlalu banyak
proyek dan program mulai dengan bang tapi semua terlalu cepat memudar dengan
rengekan, akan cepat terlupakan. Hal ini berlaku bagi banyak pendidikan
berbasis ICT proyek juga. Dalam banyak kasus, proyek-proyek ini dimulai oleh donor pihak
ketiga - seperti badan-badan bantuan internasional atau perusahaan - dan tidak cukup perhatian
dibayar untuk membangun mekanisme dimana lembaga pendidikan atau masyarakat yang
terlibat dapat mengejar proyek sendiri atau di kemitraan dengan pemangku kepentingan lain
setelah donor memulai keluar. Tapi biaya dan pendanaan tidak hambatan
hanya untuk keberlanjutan. Menurut Cisler, keberlanjutan ICT enabled program memiliki empat komponen: sosial,
politik, teknologi, dan ekonomi.
·
Keberlanjutan ekonomi mengacu pada kemampuan suatu sekolah dan
masyarakat untuk membiayai program ICT-enabled dalam jangka panjang.
· Keberlanjutan sosial adalah fungsi
masyarakat keterlibatan. Sekolah tidak ada dalam kekosongan. Inovasi bisa terjadi
hanya ketika semua orang yang akan terpengaruh olehnya, baik secara langsung
atau tidak langsung, tahu persis mengapa seperti sebuah inovasi sedang
diperkenalkan, apa implikasinya pada kehidupan mereka, dan apa bagian yang
mereka bisa bermain di memastikan keberhasilannya. ICT-enabled program akhirnya
melayani kebutuhan masyarakat.
·
Keberlanjutan Politik mengacu pada isu-isu
kebijakan dan kepemimpinan. Salah satu ancaman terbesar bagi proyek TIK diaktifkan resistensi terhadap
perubahan. Jika, misalnya, guru menolak untuk menggunakan TIK di kelas mereka,
maka penggunaan TIK tidak bisa lepas landas, apalagi dipertahankan dalam jangka
panjang.
·
Teknologi keberlanjutan melibatkan memilih teknologi yang akan
efektif dalam jangka panjang. Dalam cepat perubahan lingkungan teknologi, ini menjadi isu yang rumit
seperti perencana harus bersaing dengan Ancaman keusangan teknologi. Pada saat
yang sama, ada adalah kecenderungan untuk memperoleh hanya teknologi terbaru
(yang dimengerti sebagian karena ini adalah model yang vendor akan mendorong
agresif) pada umumnya, bagaimanapun, perencana harus pergi dengan sistem dicoba
dan diuji; stabilitas isu wabah banyak teknologi terbaru.
VII. REKOMENDASI
Sebuah analisis yang ketat dari negara
sekarang dari pendidikan sistem. Intervensi berbasis TIK harus
memperhitungkan saat ini praktik kelembagaan dan pengaturan. Secara khusus,
driver dan hambatan untuk menggunakan TIK perlu diidentifikasi, termasuk terkait dengan kurikulum dan pedagogi, infrastruktur mereka, peningkatan kapasitas, bahasa dan konten, dan pembiayaan.
driver dan hambatan untuk menggunakan TIK perlu diidentifikasi, termasuk terkait dengan kurikulum dan pedagogi, infrastruktur mereka, peningkatan kapasitas, bahasa dan konten, dan pembiayaan.
Spesifikasi tujuan pendidikan pada
pendidikan yang berbeda dan pelatihan tingkat seperti tingkat serta
modalitas yang berbeda penggunaan TIK yang paling dapat digunakan dalam
mengejar tujuan ini. Hal ini membutuhkan dari pembuat kebijakan
pemahaman tentang potensi TIK berbeda ketika diterapkan dalam konteks yang berbeda untuk tujuan yang
berbeda, dan kesadaran pendidikan prioritas kebutuhan dan kapasitas sumber daya
keuangan dan manusia dan kendala dalam negara atau lokalitas, serta terbaik praktek di seluruh
dunia dan bagaimana praktek-praktek ini dapat disesuaikan untuk kebutuhan negara
tertentu.
Para uji coba model berbasis ICT yang
dipilih. Bahkan yang terbaik dirancang model atau mereka yang telah terbukti bekerja di konteks
lain perlu diuji dalam skala kecil. Seperti pilot sangat penting untuk
mengidentifikasi, dan benar, potensi gangguan dalam desain instruksional,
mengimplementasikan kemampuan, efektivitas, dan sejenisnya.
Spesifikasi dari sumber pembiayaan yang
ada dan pengembangan strategi untuk menghasilkan sumber daya keuangan untuk dukungan TIK dalam
jangka panjang.
Pengembangan kurikulum berbasis TIK yang
membantu untuk tetap berpacu dengan perkembangan teknologi dan perubahan kompetensi yang dibutuhkan oleh
siswa serta guru.
VIII. KESIMPULAN
Ini adalah usia teknologi. Setiap orang
dan segala sesuatu tampaknya ada hubungannya dengan komputer dan komunikasi. Generasi masa depan kita sudah
menunjukkan tanda-tanda menjadi benar-benar komputer dan teknologi tergantung. Ini adalah kenyataan
bahwa selama bertahun-tahun, pendidikan telah menjadi semakin kompleks, dengan informasi lebih
dan lebih dikomunikasikan kepada siswa. Dalam lingkungan ini adalah penting
bagi siswa untuk memiliki, menarik dan interaktif eksperimental modus instruksi yang akan membuat pembelajaran
menyenangkan dan mudah. Pendidikan berbasis TIK pasti arah menuju yang seluruh dunia maju.
menyenangkan dan mudah. Pendidikan berbasis TIK pasti arah menuju yang seluruh dunia maju.
Penggunaan ICT di kelas pada negara-negara berkembang masih dalam yang mewah. Efektifitas secara keseluruhan perlu ditingkatkan dengan baik perangkat lunak dan
perangkat keras serta sangat meningkat ketersediaan masing-masing. Tingkat di mana TIK akan
digunakan untuk meningkatkan pendidikan, TVE, ilmu pengetahuan dan di bidang lain, terutama tergantung pada negara dan moneter nasional komitmen, diikuti oleh kesediaan individu lembaga
untuk menyediakan baik dalam - program
pelayanan. Meskipun tidak ada satu formula untuk menentukan tingkat optimal Integrasi TIK dalam
sistem pendidikan, guru kreatif di semua tingkat pendidikan selalu menemukan cara
untuk memasukkan bantu pengajaran yang inovatif dan strategi di kelas mereka. Namun, TIK harus digunakan saat ini dalam hubungannya dengan direncanakan dengan baik pengajaran di kelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pengunjung yang terhormat...Silahkan tinggalkan jejak dengan komentar, pendapat dan saran, bebas asal sopan....OKE..!!!