Mete B. Sirvanci
-------------Review Artikel----------
PENDAHULUAN
Berbicara mengenai kualitas sumber daya manusia,
pendidikan memegang peran yang sangat penting dalam proses peningkatan kualitas
sumber daya manusia. Peningkatan kualitas pendidikan merupakan suatu proses
yang terintegrasi dengan proses peningkatan kualitas sumber daya manusia itu
sendiri. Menyadari pentingnya proses peningkatan kualitas sumber daya manusia,
maka pemerintah bersama kalangan swasta sama-sama telah dan terus berupaya
mewujudkan amanat tersebut melalui berbagai usaha pembangunan pendidikan yang
lebih berkualitas antara lain melalui pengembangan dan perbaikan kurikulum dan
sistem evaluasi, perbaikan sarana pendidikan, pengembangan dan pengadaan materi
ajar, serta pelatihan bagi guru dan tenaga kependidikan lainnya.
Total quality management/ manajemen mutu terpadu
merupakan konsep yang mempunyai nilai-nilai yang baik untuk perkembangan
organisasi di semua sektor kehidupan. TQM telah banyak di adopsi kedalam
berbagai bidang terutama pada dunia bisnis dan ekonomi. Tetapi TQM bukan saja
terpaku hanya untuk aspek bisnis dan ekonomi saja, nilai-nilai yang ada dalam
manajemen mutu terpadu dapat diimplementasikan ke dalam dunia pendidikan.
Total
Quality Manajement (TQM) adalah sistem pengendalian mutu yang didasarkan pada
filosofi bahwa memenuhi kebutuhan pelanggan dengan sebaik-baiknya merupakan hal
yang utama dalam setiap usaha yang dilakukan. Untuk memenuhi kebutuhan
pelanggan tersebut, budaya kerja dalam lembaga harus dibina dan dikembangkan
dengan baik.
Dalam konsep
Total Quality Manajement (TQM) bahwa dalam pengelolaan lembaga pendidikan untuk
meningkatan mutu harus dilakukan oleh semua unsur lembaga yang dimulai sejak
dini. Hal ini dilakukan secara terpadu dan berkesinambungan, sehingga
pendidikan sebagai pelayanan jasa dapat memenuhi kebutuhan para pelanggan baik
masa kini maupun masa yang akan datang. Dengan pendekatan TQM diharapkan
pendidikan akan dapat menghasilkan lulusan yang bermutu dan dapat meningkatkan
mutu secara berkesinambungan.
Dalam
ajaran TQM, lembaga pendidikan harus
menempatkan siswa sebagai “klien” atau dalam istilah perusahaan sebagai “
stakeholders” yang terbesar, maka suara siswa harus disertakan dalam setiap
pengambilan keputusan strategis langkah
organisasi sekolah. Tanpa suasana yang demokratis manajemen tidak mampu
menerapkan TQM, yang terjadi adalah kualitas pendidikan didominasi oleh pihak –
pihak tertentu yang seringkali memiliki kepentingan yang bersimpangan dengan
hakekat pendidikan.
Untuk
mendapatkan kualitas pendidikan yang baik (bermutu) , maka yang perlu
diperhatikan tidak hanya dari segi sarana prasarana saja, tetapi juga sumber
daya manusia yang ada di lembaga pendidikan, yaitu top manajer, para guru/dosen
dan karyawan. Selain itu siswa/pesrta didik juga merupakan sumber daya manusia
yang dikenai kebijakan pendidikan. Siswa/peserta didik berperan sebagai
konsumen jasa pendidikan. Sebagai konsumen, kepuasan siswa/peserta didik
merupakan indikator penting dari keberhasilan TQM yang dilaksanakan lembaga
pendidikan.
Selain siswa
ada juga konsumen tidak langsung dari jasa pendidikan, yaitu orang tua siswa.
Kepuasan orang tua siswa juga merupakan indikator yang sangat penting dalam
menilai keberhasilan penerapan TQM di lembaga pendidikan. Dalam hal ini
kepuasan siswa/peserta didik dan orang tua siswa akan tepenuhi jika hasil dari
penerapan TQM benar-benar mampu meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.
RINGKASAN ISI ARTIKEL
Manajemen mutu total (TQM)
telah diadopsi sebagai suatu paradigma manajemen oleh banyak orang
organisasi-organisasi di seluruh dunia. Gerakan mutu di dalam hampir setiap
negeri biasanya dimulai dengan mutu perbaikan proyek pada manufaktur
perusahaan. TQM, kemudian menyebar ke perusahaan perusahaan jasa seperti
bank-bank dan perusahaan asuransi, dan pada akhirnya untuk non organisasi nirlaba seperti
pelayanan kesehatan, pemerintah, dan lembaga
pendidikan. TQM model, berdasar pada pengajaran guru-guru mutu, secara
umum melibatkan sejumlah “prinsip-prinsip” atau “- unsur esensial” seperti
milik manajemen puncak kepemimpinan, kerjasama sekelompok, pelanggan berfokus,
keterlibatan karyawan, pelatihan, kemajuan berkelanjutan perkakas dan beberapa
unsur-unsur yang lain, yang semuanya adalah yang diperlukan untuk berhasilnya
implementasi TQM.
Sementara lembaga pendidikan
tinggi adalah rumah untuk belajar dan menciptakan pengetahuan melalui fungsi
riset mereka, itu adalah ironis bahwa mereka sedang mempunyai ketinggalan di
belakang dengan organisasi lain yang telah memeluk dan menerapkan TQM.
Kelambatan di dalam adopsi TQM sepertinya adalah akibat tertentu
karakteristik-karakteristik tradisional dan struktural dari lembaga pendidikan tinggi.
Kepemimpinan
Top manajemen Kepemimpinan
adalah salah satu unsur penting dari TQM. Di dalam setiap negeri di mana TQM
sudah diterapkan, ada contoh-contoh dari para eksekutip perkumpulan yang
memiliki memprakarsai perubahan budaya
dan membawa organisasi-organisasi mereka melalui mutu perjalanan. Sungguh
berbeda dari CEO organisasi bisnis, presiden dan rektor dari pendidikan tinggi lembaga tidak menikmati otoritas tertinggi di dalam
merekrut dan memperhentikan personil dan mengalokasikan sumber daya. Sebagai
contoh, di universitas publik AS, suatu
sistim penguasaan yang dibagi bersama di mana fakultas berbagi administrasi hal-hal universitas
dengan presiden dan para dekan/ ketua yang berlaku. penguasaan yang dibagi
bersama memimpin ke arah difusi otoritas dan tanggung jawab, dan, sebagai
hasilnya, kepala administrasi kekurangan otoritas untuk melakukan tindakan
tegas keras dan perubahan-perubahan di dalam pendidikan yang lebih tinggi
lembaga; institusi. Presiden-presiden universitas dan rektor universitas
sebagai pemimpin, secara alami dapat menetapkan sasaran, organisatoris
nilai-nilai, dan harapan-harapan kinerja. Namun, karena mereka kekurangan
otoritas yang diperlukan, itu adalah sulit bagi mereka untuk menyebar
nilai-nilai dan sasaran ini melalui lapisan-lapisan dari lembaga pendidikan
yang lebih tinggi.
Budaya dan Organisasi transformasi
Sejumlah persoalan yang mencakup
sejumlah unsur-unsur
TQM mungkin dibicarakan dalam budaya transformasi. Organisasi yang telah mengadopsi TQM telah mengubah institusi budaya mereka menjadi budaya kualitas total yang melibatkan
unsur-unsur seperti
kerja sama tim, fokus pelanggan dan pasar, keterlibatan dan partisipasi karyawan, dan proses manajemen. Lembaga pendidikan tinggi telah berurat-berakar, sejak
beberapa abad, yang menyebabkan mereka menolak perubahan. Sebagai contoh, universitas dan perguruan tinggi diatur dalam departemen unit berdasarkan disiplin akademis. Dalam mengadopsi budaya TQM, organisasi perlu untuk berpindah dari fokus produk ke fokus pasar. Di antara unsur esensial dari TQM, pelanggan adalah fokus yang
paling penting. Sebenarnya, kepuasan pelanggan adalah sering kali menggunakan
secara bersinonim dengan mutu, dan mutu sering didefinisikan sebagai memenuhi
dan melebihi harapan-harapan pelanggan. Salah satu langkah-langkah kritis di dalam implementasi
TQM adalah identifikasi pelanggan, di mana saat ini dan potensi pelanggan suatu organisasi ditentukan. Fokus pada pelanggan memberikan arah dan sasaran untuk upaya perbaikan, dan pelanggan dan pasar merupakan kekuatan pendorong bagi upaya kualitas.
Sebagai lembaga pendidikan tinggi
mengadopsi TQM paradigma dan memulai terus menerus perbaikan, langkah
identifikasi pelanggan di lembaga-lembaga ini tampaknya hadir lebih kesulitan
selain yang ditemui dalam organisasi bisnis. Di antara kelompok utama dalam
lebih tinggi lembaga pendidikan - yaitu fakultas, mahasiswa, dan administrator
- tidak ada kesepakatan banyak pada siapa pelanggan. Sementara kebanyakan administrator cenderung
menganggap siswa sebagai pelanggan fakultas di dalam kelas, banyak staf
pengajar benci ini terlalu metafora sebagai komersial.
Siswa peran
Sementara model TQM di beberapa pendidikan tinggi siswa diperlakukan
sebagai pelanggan, peran mereka sebagai pelanggan adalah masalah
diperdebatkan. Jelas bahwa lembaga
pendidikan tinggi layanan organisasi, tetapi melihat lebih dekat pada operasi
mereka mengingatkan kita aliran produk dalam produksi tanaman. Gambar 1
menggambarkan aliran siswa melalui institusi pendidikan tinggi. Analogi dengan organisasi manufaktur khas
adalah segera. Setelah mengakui, siswa bergerak melalui berbagai kursus yang
diperlukan untuk gelar sebagai bahan baku arus melalui tahap berturut-turut
manufaktur proses.
Sebagai produk jadi membawa merek
nama dan label dari produsen lulus siswa dikeluarkan dengan ijazah yang
menyatakan bahwa semua persyaratan untuk gelar mereka telah selesai. Dalam konteks produksi analogi, lulusan
universitas bersaing untuk pekerjaan hanya sebagai merek dan produk bersaing
untuk pelanggan di tempat pasar.
Dalam komprehensif usaha, Sirvanci
(1996) mengidentifikasi empat yang berbeda peran untuk siswa. Menurut Sirvanci (1996), tergantung pada
proses yang diteliti, siswa mengambil salah satu peran berikut empat dalam lembaga
pendidikan tinggi:
(1) Product-in-process –Di tingkatan yang kelembagaan, yaitu.
tingkatan yang makro, analogi produksi model menggambarkan di dalam Gambar 1
dan Table I adalah model yang tepat. Model ini menyiratkan bahwa pencarian
mahasiswa adalah “product-dalam process”. Mereka adalah “bahan baku” ketika
yang diakui dan “produk jadi” ketika
mereka lulus.
Tabel
I Produksi analogi untuk pendidikan tinggi
Pendidikan tinggi Produksi
Sekolah menengah
Pemasok
sekolah tinggi lulusan Tersendiri bahan baku
Siswa Produk-dalam-proses
Program Proses tahap
Lulusan produk jadi
Pengusaha Pelanggan
Jumlah lulusan yang bekerja Penjualan
Jumlah pengangguran lulusan produk terjual (persediaan)
Mulai gaji Harga
sekolah tinggi lulusan Tersendiri bahan baku
Siswa Produk-dalam-proses
Program Proses tahap
Lulusan produk jadi
Pengusaha Pelanggan
Jumlah lulusan yang bekerja Penjualan
Jumlah pengangguran lulusan produk terjual (persediaan)
Mulai gaji Harga
(2) Internal pelanggan untuk
fasilitas – Siswa para "pelanggan internal", pada kenyataannya,
membayar pelanggan untuk fasilitas kampus banyak dan, layanan seperti asrama,
makanan jasa, toko buku, perpustakaan, fasilitas olahraga, registrar, dan
lain-lain. Ini non-akademis fasilitas
berkontribusi tidak langsung terhadap kualitas lembaga produk dengan membantu
untuk menarik baik siswa, memberikan lebih memuaskan kampus iklim, dan juga
dengan mendukung program akademik.
(3) Buruh dalam proses belajar -
Peranan ini pertama kali diidentifikasi oleh Sirvanci (1996) sebagai salah satu
dual peran siswa di kelas. Di Harmon
(1993), Glasser juga menyarankan bahwa siswa, meskipun tidak secara teknis
karyawan, lebih seperti tingkat karyawan rendah. Peran ini berkembang karena bertentangan
dengan layanan khas pelanggan, siswa, karena mereka menerima layanan
(Pengetahuan) dari instruktur mereka, diharapkan secara simultan untuk bekerja
dan berusaha upaya untuk mempelajari materi oleh berbagai berarti seperti
menyelesaikan proyek, jangka makalah, dan mempersiapkan diri untuk tes. buruh yang tampaknya peran unik untuk para
siswa dan karena peran ini, proses pendidikan berbeda dari industri jasa
lainnya.
(4) Internal pelanggan untuk
penyampaian program materi - ini adalah komponen lainnya peran ganda siswa di
dalam kelas. Bahkan, kebanyakan orang
memiliki peran ini dalam pikiran ketika mereka berpikir mahasiswa sebagai
pelanggan
Dari
uraian-uraian multi-peran di atas, harus jelas mengapa identifikasi pelanggan
di dalam pendidikan tinggi adalah rumit dan membingungkan masalah.
Karena berbagai kelompok yang terlibat dengan masalah ini tampaknya untuk mengobati hanya satu
dimensi masalah
daripada keseluruhan, mereka biasanya menyimpulkan sebuah satu label untuk siswa. Bahkan, ketika Baldrige Pendidikan Kriteria pertama kali dikembangkan selama pertengahan hingga akhir 1990-an dengan menyesuaikan
kinerja kriteria
untuk organisasi bisnis untuk pendidikan lembaga,
kabur lebih lanjut isu pelanggan dengan
substitusi kepuasan siswa untuk kriteria
kepuasan pelanggan. Meskipun kata "Pelanggan" tidak pernah digunakan,
substitusi ini tersirat
bahwa siswa harus dianggap sebagai pelanggan. PEMBAHASAN
Total Quality Manajement (TQM)
adalah sistem pengendalian mutu yang didasarkan pada filosofi bahwa memenuhi
kebutuhan pelanggan dengan sebaik-baiknya merupakan hal yang utama dalam setiap
usaha yang dilakukan. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan tersebut, budaya kerja
dalam lembaga harus dibina dan dikembangkan dengan baik.
Konsep TQM
Pendidikan yang berfokus pada mutu menurut konsep Juran adalah bahwa dasar misi
mutu sebuah sekolah mengembangkan program dan layanan yang memenuhi kebutuhan
pengguna seperti siswa dan masyarakat. Masyarakat
dimaksud adalah secara luas sebagai pengguna lulusan, yaitu dunia usaha,
lembaga pendidikan lanjut, pemerintah dan masyarakat luas, termasuk menciptakan
usaha sendiri oleh lulusan.
Menurut Crosby mutu adalah sesuai
yang disyaratkan atau distandarkan (Conformance to requirement), yaitu
sesuai dengan standar mutu yang telah ditentukan, baik inputnya, prosesnya
maupun outputnya. Oleh karena itu, mutu pendidikan yang
diselenggarakan sekolah dituntut untuk memiliki baku standar mutu pendidikan.
Mutu dalam konsep Deming adalah kesesuaian dengan kebutuhan pasar. Dalam konsep Deming, pendidikan yang bermutu adalah
pendidikan yang dapat menghasilkan keluaran, baik pelayanan dan lulusan yang
sesuai kebutuhan atau harapan pelanggan (pasar)nya.
Dalam konsep Total Quality
Manajement (TQM) bahwa dalam pengelolaan lembaga pendidikan untuk meningkatan
mutu harus dilakukan oleh semua unsur lembaga yang dimulai sejak dini. Hal ini
dilakukan secara terpadu dan berkesinambungan, sehingga pendidikan sebagai
pelayanan jasa dapat memenuhi kebutuhan para pelanggan baik masa kini maupun
masa yang akan datang. Dengan pendekatan TQM diharapkan pendidikan akan dapat
menghasilkan lulusan yang bermutu dan dapat meningkatkan mutu secara berkesinambungan.
Prinsip TQM
Total Quality Management (TQM)
merupakan sistim manajemen yang berupaya melaksanakan manajeman kualitas kelas
dunia. Oleh karena itu, maka diperlukan perubahan besar dalam budaya dan sistim
nilai suatu organisasi. Menurut Hensler dan Brunell terdapat 4 Prinsip Utama
Total Quality Management (TQM) yaitu: kepuasan pelanggan, respek terhadap
setiap orang, manajemen berdasarkan fakta, dan perbaikan berkesinambungan.
Sedangkan, menurut ISO (the
international organization for standardization) 9001 : 2000 terdapat 8 Prinsip Sistim
Manajemen Mutu (SMM) yaitu: Fokus pada pelanggan, Kepemimpinan, Pelibatan
manusia /karyawan, Pendekatan proses, Pendekatan sistem pada manajemen, Perbaikan
berkelanjutan atau berkesinambunngan, Pengambilan keputusan berdasarkan fakta,
dan hubungan dengan pemasok yang saling menguntungkan.
Dari prinsip di atas sudah jelas
bahwa untuk mencapai mutu, oranisasi atau lembaga harus fokus pada pelanggan,
memiliki kepemimpinan yang visioner yang dapat mengarahkan dan menggerakan,
melibatkan seluruh karyawan, menggunakan pendekatan proses dan pendekatan
sistim, melakukan perbaikan secara terus menerus, keputusan yang diambil
berdasarkan fakta dan data, serta melakukan hubungan yang saling menguntungkan.
Pelanggan adalah sosok yang harus dilayani oleh oraganisaasi
atau lembaga. Perhatian yang harus dilakukan oleh organisasi (sekolah) adalah
kebutuhan dan harapan para pelanggan baik pelanggan internal maupun eksternal.
Pelanggan ini adalah kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan/TU, siswa, orang
tua siswa, masyarakat sebagai pengguna jasa, dan para stacholder). Oleh karena
itu, lembaga pendidikan (sekolah) yang melaksanakan TQM harus mengetahui
ciri-ciri pelanggan-pelanggannya.
Hal yang harus dilakukan oleh
lembaga pendidikan (sekolah) antara lain mengidentifikasi dan menganalisis
kebutuhan dan harapan pelanggan artinya produk/jasa yang dibuat atau diberikan
haruslah bertumpu pada pelanggan, melakukan perbaikan pada proses secara
sistematik, membuat rencana kegiatan dengan baik, melaksanakan rencana yang
dibuat secara cermat, dan melakukan evaluasi yang hasilnya dibandingkan dengan
standar mutu yang ditentukan sebelumnya. Selain itu, sekolah perlu melakukan
peninjauan setiap prosedur kerja untuk mengetahui apakah prosedur telah
mendatangkan hasil yang diharapkan. Jika tidak menghasilkan sesuai dengan
harapan maka prosedur itu perlu diperbaiki atau diganti dengan yang lebih baik
dan sesuai.
Dengan kata lain kita harus memahami
beberapa hal diantaranya mengenali pelanggan, mengetahui kebutuhan dan
keinginannya, mengerti macam pelayanan yang diberikan untuknya, mampu melakukan
proses yang dibutuhkan dan diinginkannya, menanyakan dan mengukur kepuasannya,
memperbaiki dan meningkatkan mutu pelayanan yang bisa diberikan kepadanya. Jadi
harus ada keterbukaan dan kesediaan untuk berubah menuju yang lebih baik. Jika
memungkinkan menggantikan hal yang lama dengan hal yang baru. Perubahan ini
berlaku pada setiap level baik tingkat pimpinan maupun dengan staf terbawah.
Peranan Pemimpin Dalam Total Quality Management
(TQM) sangat penting dan Strategis. Peranan pemimpin dalam mencapai tujuan
sebuah organisasi sangat menentukan. Pemimpin yang kapabel adalah pemimpin yang
memiliki kemampuan, kesanggupan, kecakapan teknis atau profesional sehingga
dapat meraih visi dan misi organisasinya. Kemampuan, kesanggupan, kecakapan
teknis atau profesional yang dimiliki pemimpin (kepala sekolah) dapat
mempengaruhi bawahannya untuk mencapai tujuan pendidikan. Dalam Kontek Total
Quality Management (TQM) yang harus dlakukan oleh pemimpin adalah sebagai
berikut:
a. Menciptakan kesatuan tujuan dan
memberi arah (kebijakan dan sasaran)
b. Menyediakan sumber daya
c. Menjamin bahwa fokusnya pada
pelanggan
d. Berkomunikasi dan membangkitkan
komunikasi di antara mereka secara terbuka
e. Menciptakan suatu lingkungan yang
melibatkan setiap orang dalam mencapai sasaran organisasi
f. Memberi contoh dan menunjukkan
komitmen yang kuat untuk meningkatkan mutu
g. Meninjau fakta dalam menentukan
semua tindakan
Pelibatan manusia/semua orang (dosen/guru, siswa/mahasiswa,
karyawan/staf, oramg tua/masyarakat)
dalam suatu organisasi atau lembaga pendidikan adalah sangat penting. Terdapat 2 manfaat pelibatan
karyawan yaitu : Pertama, meningkatkan kemungkinan dihasilkannya keputusan yang
baik, rencana yang lebih baik, atau perbaikan lebih efektif karena juga
mencakup pandangan dan pemikiran dari pihak pihak yang berhubungan langsung
dengan situasi kerja. Kedua , Keterlibatan karyawan juga meningkatkan rasa
memilki dan tanggung jawab atas keputusan dengan melibatkan orang orang yang
harus melaksanakan.
Pelibatan karyawan dalam mencapai
tujuan organisasi sangat penting. Dengan melibatkan karyawan seluruh komponen
dalam lembaga atau organisasi mungkin akan menghasilkan rencana dan hasil yang
lebih baik. Selain itu, pelibatan semua orang akan mempercepat mencapai tujuan
organisasi. Namun kenyataannya banyak lembaga atau organisasi dalam mencapai
suatu tujuan tidak melibatkan semua orang sehingga tujuan organisasi tidak
tercapai. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dalam lembaga atau organisasi
harus ada keberanian utuk melibatkan setiap orang dengan cara membentuk
teamwork dalam mencapai tujuan organisasi.
Dalam Pendekatan Proses hal hal
yang harus diperhatikan antara lain :
1. Kegiatan
dan sumber daya dapat dikelola lebih efektif apabila dianggap sebagai proses
2. Kita
harus mengendalikan masukan (input) proses dan memantau sifat-sifat khasnya dan
variasinya untuk kemungkinan perbaikannya
3. Manusia,
mesin, metode, material dan lingkungan (4m + e) merupakan masukan (input)
4. Masukan
yang konsisten akan menghasilkan keluaran (output) yang konsisten pula.
Dalam Pendekatan sistem hal hal yang harus diperhatikan antara lain :
1. Perlu
memahami dan mengelola proses yang saling terkait sebagai suatu sistem yang
memberi sumbangan pada efektivitas dan efisiensi organisasi dalam mencapai
tujuan
2. Keluaran
(outputs) suatu proses seringkali merupakan masukan (inputs) bagi proses
berikutnya
3. Perlu
adanya komitmen terhadap mutu sebagai rangkaian peristiwa dengan cara
menghubungkan pada setiap proses
4. Material
dan informasi mengalir melalui sistem, semakin lancar alirannya, semakin tinggi
efisiensinya
Perbaikan berkelanjutan atau berkesinambungan, untuk
mencapai suatu keberhasilan setiap sekolah melakukan proses secara sistimatis
dan perbaikan secara berkesinambungan. Konsep yang diberlakukan berdasarkan ISO
9001 : 2000 yaitu siklus Planing, Do, Chek, Action (PDCA). Dalam hal ini lembaga
pendidikan/sekolah harus membuat suatu perencanaan yang melibatkan warga
sekolah, kemudian melaksanakan rencana, memeriksa hasil perencanaan, serta
melakukan tindakan berdasarkan hasil korektif. Diharapkan dengan implementasi
perbaikan berkesinambungan dengan siklus PDCA akan membantu dalam meningkatkan
mutu pendidikan.
Implementasi TQM
Prosedur dalam mengimplementasikan TQM pada dasarnya
menempuh tiga tahapan sebgai berikut :
(1) Persiapan. Tahapan persiapan adalah
aktivitas pertama dan utama yang harus dilakukan sebelum TQM dikembangkan dan
dilaksanakan. Beberapa langkah yang harus dilakukan adalah : membentuk tim,
melaksanakan pelatihan TQM bagi tim. Merumuskan model atau sistem yang akan
dikembangkan sebagai nama implementasi TQM, membuat kebijakan berkaitan dengan
komitmen anggota organisasi untuk mendukung TQM, mengkomunikasikan kepada semua
anggota organisasi berkaitan dengan adanya perubahan, melakukan analisis faktor
pendukung dan penghambat organisasi, dan melakukan pengukuran terhadap kepuasan
pelanggan internal dan eksternal. Kesemua langkah-langkah tersebut harus
dilakukan secara sistematik dan sistematis dengan dukungan penuh pimpinan dan
anggotanya. Fleksibilitas dapat dilakukan sesuai dengan situasi dan kondisi
masing-masing lembaga pendidikan. Oleh karena itu, dalam tahapan persiapan
memang memerlukan kemauan, perhatian, dan komitmen yang tinggi untuk mendukung
tahapan berikutnya.
(2) Pengembangan sistem. Berdasrkan tahapan
persiapan, pengembangan sistem dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai
berikut : peninjauan dan pengembangan model atu sistem yang ada melalui
penyusunan dokumen sistem kualitas, melakukan pelatihan dan sosialisasi
prosedur dan petunjuk kerja kepada tim inti maupun tim imbas secara tuntas, dan
melakukan penyiapan akhir baik sumber daya manusia maupun non manusianya secara
cermat dan akurat dalam rangka memasuki tahapan implementasi sistem kualitas.
(3) Implementasi sistem. Tahapan implementasi
sistem menunjuk pada langkah-langkah sebagai berikut : melaksanakan uji joba
sistem jaminan kualitas dalam lingkup tertentu berdasarkan siklus PDCA, anggota
tim menginformasikan kepada pimpinan maupun steering commits berkaitan dengan
uji coba sistem jaminan kualitas yang telah dilaksanakan secara rinci, tim
mengumpulkan data dan informasi dari pelanggan (baik pelanggan internal maupun
eksternal), melakukan tindakan koreksi dan pencegahan sesuai dengan harapan
pelanggan, dan mendiskusikan/melaksanakan rapat pemimpin dan pelaksana sistem
jaminan kualitas berkaitan dengan seluruh balikan yang ada untuk menghasilkan
atau membuat modikasi proses yang diharapkan secara terus menerus dan
berkesinambungan. Kesemua tahapan tersebut harus dilakukan secara terus menerus
dan berkesinambungan. Apabila salah satu tahapan maupun langkah bermasalah, hal
tersebut akan berdampak pada tahapan maupun langkah berikutnya. Oleh karena
itu, setiap ada masalah harus segera dicarikan solusi pemecahannya hingga
tuntas.
PENUTUP
Lembaga pendidikan tinggi telah
menghadapi tantangan selama beberapa waktu dan diharapkan untuk menghadapi
lebih di masa depan. Sementara banyak bisnis organisasi telah menjadi lebih
ramping dan lebih efisien sebagai akibat dari penerapan TQM, lembaga pendidikan
tinggi belum terpengaruh oleh tren ini. Beberapa implementasi dari
prinsip-prinsip TQM dalam pendidikan tinggi telah terbatas pada cabang
administratif dan non- proses akademik universitas. Pada sisi akademis,
beberapa departemen, misalnya, telah menggunakan QFD (quality function
deployment /fungsi penyebaran kualitas) untuk pengembangan kurikulum dan
peningkatan. Penasehat dewan telah dibentuk untuk departemen dan perguruan
tinggi dengan tujuan menerima masukan informasi mengenai permintaan pasar untuk
lulusan mereka.
Dalam mengimplementasikan TQM dalam
pendidikan tinggi, salah satu perlu menyadari bahwa pendidikan tinggi berbeda
dari industri jasa lainnya, dan tergantung pada bagaimana pelanggan
diidentifikasi, kinerja ukuran bagi organisasi dan proses di bawah studi adalah
dipengaruhi. Sebagaimana dibahas di atas, mahasiswa memiliki peran ganda dan
peran mereka tidak bisa disederhanakan dengan pelanggan. Kemajuan dalam
teknologi juga telah mempengaruhi pendidikan tinggi. Merekam kuliah, penggunaan
multimedia dalam pengajaran dan munculnya "Pembelajaran jarak jauh"
pendidikan berubah proses struktural, dan mengurangi peran mengajar kelas
tradisional.
Manajemen Mutu Terpadu merupakan metodologi yang jika diterapkan secara tepat
dapat membantu para pengelola atau penyelenggara pendidikan di lembaga
pendidikan termasuk sekolah dalam mewujudkan penyelenggaraan pendidikan dan
lulusan yang dapat memenuhi atau melebihi keinginan atau harapan para stakeholder-nya.
TQM
merupakan pendekatan baru yang menyeluruh yang membutuhkan perubahan secara
total . Hal yang harus diperhatikan dalam implementasi TQM adalah 1) Fokus pada
pelanggan artinnya bagaimana lembaga dapat memenuhi melebihi dari kebutuhan dan
keinginan pelanggan.2) Kepemimpinan dalam TQM harus dapat menggerakan,
mengarahkan dalam mencapai tujuan, 3) Keterlibatan semua orang yang ada di
lembaga (sekolah) dalam merencanakan, melaksanakan maupun mengevaluasi program
demi tercapainnya tujuan lembaga. 4) Menggunakan pendekatan proses, 5)
Pendekatan sistem pada manajemen 6) melakukan perbaikan berkelanjutan atau
berkesinambunngan 7) Pengambilan keputusan berdasarkan fakta dan data 8)
Hubungan dengan pemasok yang saling menguntungkan
Tuntutan peningkatan mutu suatu produk
atau layanan jasa termasuk pendidikan oleh pelanggan terus terus menerus
berkembang dan meningkat dari waktu ke waktu, dari tahun ke tahun dan dari
jaman ke jaman. Masyarakat semakin cerdas dalam memilih lembaga pendidikan,
mereka dapat membedakan lembaga pendidikan/sekolah yang berkualitas dan kurang
berkualitas. Oleh karena itu, penyelenggara/pengelola sekolah/madrasah atau
lembaga pendidikan tidak bisa menyelenggarakan pendidikan asal jadi dan statis
tanpa perbaikan berkesinambungan memenuhi tuntutan dan kebutuhan masyarakat.
Penyelenggaraan lembaga pendidikan disemua
jenjang dituntut untuk memenuhi atau melebihi kebutuhan atau keinginan
pelanggannya, melibatkan secara total semua komponen sekolah, mengadakan
pengukuran dan evaluasi diri terhadap kemajuan lembaga pendidikan yang
dikelalolanya, peningkatan atau perbaikan mutu pendidikan yang
diselenggarakannya secara menyeluruh terhadap semua komponen/susb-subsistem
lembaga pendidikan dan mengadakan berbaikan mutu pendidikan secara
berkesinambungan untuk menyesuaikan dengan tuntutan perkembangan jaman dan
memenuhi atau melebihi harapan, keinginan dan kebutuhan pelanggannya.
Referensi
Dr. Sumarmo, SE, MM, MBA, Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan ( Total Quality
Management ), hand out Mata Kuliah pasca sarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010
Dr. Hari Karyono, M.Pd , Konsep Manajemen Mutu Terpadu dalam Sistem Pendidikan, hand out Mata Kuliah pasca sarjana, Universitas
Muhammadiyah Surakarta, 2010
Dr. Sutama, M.Pd , Materi pengenalan manajemen pendidikan, hand out Mata Kuliah pasca sarjana, Universitas
Muhammadiyah Surakarta, 2010
Mete
B. Sirvanci, 2004. Critical issues for TQM
implementation in higher education, Emerald, volume 16, Number 6, (http://www.emeraldinsight.com diakses 10 mei 2010).
Denis
Leonard and Rodney McAdam, 2002, The strategic impact and implimentation of
TQM, Emerald, volume 14, Number 1, (http://www.emeraldinsight.com diakses 20 mei 2010).
Terima kasih deh aertikelnya. tuk perbaendaraan ilmu saya. ok met berkarya terus demi anak bangsa ....( Yusifa )
BalasHapusbagus
BalasHapusbagus
BalasHapusLuar biasa bagus! terimakasih telah memberi pencerahan pada saya.
BalasHapusLuar biasa,,,,,
BalasHapusBoleh,,,,,,boleh,,,,,,luar biasa,,,,,
BalasHapusbagus,,,,trim's
BalasHapus